Kamis, 08 Desember 2011

TIPS MEMBUAT DAFTAR ISI DI MS. WORD


Hari yang cerah kawanku semua, Tips & Trik kali ini membahas tentang bagaimana cara membuat daftar isi di Ms. Word. Sebenarnya membuat list daftar isi anda pasti mudah melakukannya, akan tetapi anda akan menemukan kesulitan ketika harus membuat deret titik-titik yang rata dan rapih. Kuncinya hanya di pengaturan Tabulasi, berikut cara-caranya :

Tulis data di baris pertama, lalu ikuti langkah dibawah ini:
1.    Pilih Menu Paragraph
2.    Pada kotak dialog Menu Paragraph, Pilih Tabs,
3.    Pada kotak dialog Tabs, Isikan Tab Stop Position untuk menentukan letak deret angka halaman, jangan  melebihi garis margin kanan (Lihat Ruler)
4.    Pada Aligment pilih Tombol Right
5.    Pada Leader pilih Tanda 2........
6.    Klik Set, Lalu tekan OK

7.    Tekan Tombol tab pada keyboard, dan sekarang bisa anda lihat keluar baris titik-titik. eits    jangan langsung diberi angka...
8.    Agar terlihat rapi tambahkan Righ Tab satu kali lagi pada Ruler dengan jarak 0,5Cm,
9.   Dan sekarang sudah boleh diberi angka halaman
10.    Nah selanjutnya untuk membuat list baru dibawahnya klik enter pada keyboard, tulis kalimat dan tanpa perlu berpikir panjang lagi Pencet tombol Tab pada keyboard (format daftar isi sudah terstel secara otomatis ketika anda memencet tombol Tab)

Apabila List Daftar Isi sudah terlanjur dibikin tanpa format titik-titik, lalu anda ingin menyisipkan titik-titik seperti diatas, anda tidak perlu menghapus untuk memulai langkah dari awal, akan tetapi anda cukup memblok semua List yang sudah dibuat, lalu ikuti langkah diatas. Hanya saja anda harus mencet tab satu per satu pada setiap list.
Selamat mencoba kawan... (NANANG)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar